loading...

Rasanya punya saldo 0 rupiah..... iyaa 0 rupiah...

Rasanya itu sedih, dan bingung hari ini mau makan apa, besok mau makan apa.

Waktu itu sekitar bulan Januari 2015, saya lagi kuliah tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Pagi-pagi sebelum berangkat ke kampus, saya pergi ke atm buat ngambil uang dulu, karena waktu itu uang di dompet sisa 5ribu rupiah.

Setelah saya coba tarik uang di atm, ternyata udah ga bisa lagi, udah dibatas saldo minimal. Walaupun memang ga bener-bener Rp0, tapi ya bisa lah dibilang 0 karena udah ga bisa diambil lagi.

(Gambar hanya ilustrasi)

Saya pun kirim sms ke orang tua saya seperti biasa, minta ditransferkan uang buat makan.

Tiba-tiba orang tua ngasih kabar, kalau mereka ga bisa ngirim uang sama sekali. Mereka lagi dalam masalah finansial yang cukup serius.

Sebenernya saya udah tau kalau orang tua saya lagi ada masalah finansial, karena saya sendiri udah dalam kondisi menunggak uang kuliah sampe 2 semester. Cuma saya ga nyangka kalau ternyata masalah finansial orang tua saya seserius itu. Sampe-sampe ga bisa ngirim uang sama sekali buat makan saya.

(Kirim email soal penangguhan uang kuliah)

Saya duduk termenung di deket atm. Kira-kira sekitar setengah sampai satu jam saya duduk disana. Saya ga jadi berangkat ke kampus. Hari ini mau makan apa? Besok gimana? Pikir saya.

Setelah itu saya pulang ke kosan, nyari-nyari uang recehan di bawah karpet, di dalam lemari, di dalam saku celana, kalau-kalau ada uang terselip. Syukurlah, ternyata ada tambahan uang 2ribu.

Dengan total uang 7ribu yang saya punya, saya pergi ke warung sebelah, beli beras setengah kilo seharga 5ribu, dan sisa 2ribu-nya saya belikan tahu 2 dari warteg yang juga ga jauh dari kosan saya.

(Warteg langganan saya)

Pulang ke kosan, langsung saya masak berasnya sedikit. Tahunya saya bagi 2 untuk dua kali makan di hari itu. Dan 1 tahu lagi saya simpan buat makan besoknya. Pas lagi ngambil piring, ternyata ada bumbu minyak indomie yang ga saya makan sebelumnya. Tahu yang udah saya bagi 2 itu akhirnya ga saya makan dulu. Saya simpen buat makan nanti. Jadi saya makan nasinya pake bumbu minyak indomie itu dulu.

Syukurlah, ternyata siang menjelang sore, saya dikirim uang 50ribu dari orang tua. Mereka dapat pinjaman uang 50ribu dari keluarga. Dan uangnya saya hemat-hemat untuk makan satu sampai dua minggu ke depan.

Waktu itu air minum isi ulang galon yang harganya 3ribu pun udah ga pernah beli lagi. Saya selalu masak air keran pakai rice cooker yang saya punya. Padahal di kosan saya itu ada jualan air minum isi ulangnya.

(Tempat saya ngekos selama empat tahun)

Dari yang biasanya sering makan di warteg bareng temen-temen kosan, saat itu saya jadi selalu makan sendirian di kamar. Setiap diajak makan di luar, saya bilang udah makan, atau belum laper.

Setiap makan nasi sendirian di kamar tanpa/dengan lauk yang seadanya, air mata keluar sendiri, ga bisa saya tahan. Dalam hati berulang-ulang saya bilang,

"pokoknya saya harus jadi orang sukses".

Hampir tiap hari orang tua nanya masih ada uang atau engga. Saya selalu bilang masih ada, karena memang uang 50ribu tersebut saya pakai sehemat mungkin. Saya ga pernah cerita ke mereka gimana caranya saya bisa berhemat dengan uang tersebut. Karena saya ga mau buat orang tua di rumah khawatir, yang nantinya mereka jadi harus cari pinjaman uang sana-sini.

Pengalaman melihat orang tua dilecehkan karena hutang, saat saya kecil dulu, membuat saya takut dengan yang namanya hutang.

Saya baru bilang ga ada uang kalau memang bener-bener uangnya tinggal sedikit. Dan orang tua bakalan ngirim uang 50ribu lagi. Begitu seterusnya selama beberapa minggu.

Pada masa-masa itu, apapun saya kerjakan untuk menghasilkan uang. Supaya bisa bayar tunggakan uang kuliah, supaya bisa makan, dan juga supaya bisa memperpanjang kosan yang dalam beberapa bulan lagi bakalan habis.

Mulai dari kerja part-time, buat website, buat artikel untuk blog, sampe buat video untuk youtube pun saya kerjakan. Tiap hari saya pulang tengah malem dari kampus. Mau itu weekday, ataupun weekend. Karena di kosan ga ada internet, sementara semua kerjaan saya itu butuh internet.

Udah biasa yang namanya jadi "penunggu" lab sampe jadi yang paling terakhir nutup pintu. Karena sekitar jam 10 malem itu batas lab buka, jadi setiap jam tersebut, saya disuruh keluar, matiin lampu, dan tutup pintu labnya sama bapak penjaga gedung. Setelah itu biasanya saya lanjut pindah ke selasar labtek V. Karena disana ada meja yang ada colokan listriknya.

(Labtek V, Gedung Benny Subianto)

Syukurlah, dari kerjaan itu, akhirnya saya bisa makan pake ayam lagi. Dan saya pun bisa merasakan tinggal di kosan yang sedikit lebih baik diakhir-akhir masa perkuliahan saya. Dari yang selama empat tahun lamanya, saya tinggal di kosan kecil tanpa jendela, tepat dipinggir sungai cikapundung. Yang terkadang bau menyengat masuk ke dalam kamar kosan saya.

Dan waktu itu saya juga udah ga bergantung lagi soal biaya sama orang tua. Bisa lah sedikit-sedikit kirim uang ke orang tua.

Masa-masa itu membuat saya belajar tentang menghemat uang, bekerja keras, dan membagi waktu antara kuliah, mengerjakan TA, dan mencari uang.

Dan secara ga langsung, ternyata pengalaman kerjanya pun ngebantu saya buat dapet pekerjaan full time pertama saya di Singapura.

(15 Januari 2016, oh ini toh yang namanya luar negeri. Hari-hari pertama di Singapura bersama teman kerja asal India & Bangladesh)

Comments