loading...

Kisah Paling Sial.......

Saya dilahirkan dari orang tua yang sangat konservatif. Ayah saya benar-benar strict secara berlebihan –dan memaksa. Dia adalah seorang toxic dan parasit dalam hidup saya.

Contohnya, saya harus menggunakan gamis panjang dan kerudung saat hendak keluar rumah. Anak-anaknya ga dibolehkan nonton tv diatas jam 6 sore. Mendengarkan musik sangatlah haram. Setiap hari, saya harus mendengarkan ta'lim dari radio, tidak boleh yang lain. Berbicara dengan lawan jenis yg bukan mahrom nya adalah hina.

Tunggu dulu, kalian masih mengira kalau hal-hal diatas adalah normal kan? Iya, normal. Tapi jadi gak normal kalau kalian tau dampaknya saat hal-hal wajib diatas tidak dilakukan.

Saya di pukuli. Ayah saya merasa bahwa ia memiliki kewenangan untuk memukuli kami, ibu saya, kakak saya, saya, dan adik saya. Pukulan-pukulan sudah biasa saya dapatkan sejak kecil, sampai saya merasa bahwa itu adalah hal yg normal.

Sampai saya mengetahui bahwa ternyata itu sama sekali gak normal. Senangnya, orang tua saya sudah cerai sekarang. Tapi sialnya lagi, dia ga pernah berhenti ganggu keluarga kami meski bahkan sudah cerai.

Saya akan mulai ceritanya sekarang. Kesialan yang belum bisa saya ikhlaskan.

Waktu SD dulu, saya dapat nem tertinggi seangkatan. Saya bisa masuk SMP manapun bahkan yang favorite, tapi ayah saya malah ingin memasukan saya ke pesantren tradisional yg cuma mempelajari keagamaan saja, jadi ga akan dapat ijazah.

Beruntungnya, uwa saya marah besar. Mengingat selama ini ayah saya tidak full biayain hidup saya karna dia pengangguran, saya di biayai oleh uwa dan paman-paman (kakak dan adik ibu saya) saya yg terbilang cukup mampu. Saya ga pernah kenal dengan keluarga dari ayah saya. Tidak tertarik juga. Saya juga tidak tau siapa nama kakek dari ayah saya. Intinya, keluarga kerabat yg saya punya ya hanya dari ibu saya. Dan saya benar-benar beruntung akan hal ini.

Deadline pendaftaran SMP udah mau tutup dan keluarga saya masih ribut-ribut, akhirnya ayah saya memperbolehkan saya masuk SMP tp HARUS di SMPN XX Cirebon karna jaraknya dekat dengan rumah. Hanya satu kali angkot. Saya sensor ya. Saya ga punya waktu untuk mikirin "kenapa gak dengerin pendapat saya? Saya mau nya masuk SMPN YY Cirebon" karna bisa masuk SMP negri saja sudah beruntung. Uwa saya gak tau menau tentang kejadian ini, saya bilang ke uwa saya kalau sy udah daftar di SMP XX dan uwa saya setuju aja karna dia mengira itu ingin nya saya. Uwa saya, ga pernah bilang enggak kalau berhubungan dengan keinginan saya.

Di SMP, kalau saya gamau ta'lim, dia bakal ngancem mau masukin saya ke pesantren. Jalan pintasnya untuk mengendalikan kami adalah ancaman, dia ga pernah kepikiran tentang 'ngobrol dari hati-ke-hati' dikit-dikit ngancem.

Saya seharusnya ga menyalahkan SMP saya, karna kalau kita rajin ya dimanapun SMP nya pasti tetep rajin. Tapi biarlah saya memiliki sesuatu yang bisa saya salahkan, ya. Saya benar-benar sadar sekarang kalau sistem pendidikan antara sekolah favorite dan gak favorite benar-benar jauuuuuuuh sekali. Saya dulunya pikir semuanya sama kan negri. Tapi ternyata enggak, kualitas guru, fasilitas sekolah ternyata berbeda. Saya jadi blangsak dan malas belajar di SMP ini. Saya menyalahkan guru yg sering banget gak masuk kelas, dan pergaulan temen-temen yg ga begitu menyokong lingkungan belajar yang baik.

bahkan pas UN SMP saja saya ga belajar sama sekali. Karna waktu itu, ga belajar adalah sesuatu yang keren. Tentulah, nem SMP saya jelek banget dan saya gabisa masuk SMA favorite, lagi.

Dia berulah lagi, ga bolehin masukin saya ke SMA, tp waktu itu karna udah cerai, dia ngajuin syarat kalau mau masuk SMA negri saya harus kasih lampu hijau buat dia bisa balikan sama ibu saya. Tentulah keluarga besar tidak akan pernah setuju.

Saya juga gak setuju, makannya saya di cap sebagai anak durhaka. Dia ngejelasin tentang hadist dan ayat-ayat tentang bencinya allah terhadap cerai-berai. Apapun, dia ngomong tentang apapun selama itu mendukung statement dia. Simplenya sih, menafsirkan hadist dan ayat Quran sesuai nafsu dia aja tanpa ada pertimbangan hal-hal lain.

Masa SMA adalah bencana. Krisis terbesar dalam hidup saya. Ayah saya makin sering ngancem saya, kakak dan adik saya sampai mau gila rasanya. Dia datengin sekolah kami, dia bahkan pernah tiba-tiba masuk ke kelas saya dan ngamuk-ngamuk. Bikin saya malu bukan main. Ya Allah, saya malu banget sampai waktu SMA dulu, rasanya udah terkikis semua harga diri saya.

I dont understand how people are ok with themselves knowing they emotionally destroyed someone.

Jadi ceritanya, kakak saya umurnya lebih tua dari saya 1 tahun. Waktu saya kelas 10, dia kelas 11. Karna waktu itu kaka saya udah berani ambil sikap untuk ngelawan ayah saya, benarlah bahwa ayah saya mengeluarkan kakak saya secara sepihak dari sekolahnya dan bilang kalau kakak saya mau dimasukin ke pesantren aja karna kaka saya ga setuju dia balikan sama ibu saya.

Jadilah kakak saya di pesantren. Pahlawan memang datang belakangan, uwa saya marah besar dan mengancam gaakan ngasih uang bulanan lagi untuk keluarga saya, jadilah ayah saya ketakutan dan akhirnya kaka saya masuk lagi ke SMK negri taun depannya.

Saya kelas 11, kaka saya juga kelas 11.

Waktu itu kasus lagi, ayah saya ngerobek raport kaka saya, dan pihak sekolah mengatakan bahwa itu kesalahan fatal, jadi kakak saya ga naik kelas.

Saya kelas 12, kaka saya masih tetap kelas 11.

Saya kasihan sama kaka saya, dia benar-benar kehilangan minat dalam hidupnya. Dia jadi budak ayah saya yg selalu bilang 'iya' tanpa menolak karna saya tau dia udah lelah banget. Akhirnya tinggal saya, yg harus menggantikan peran kaka saya. Intinya, masa SMA saya adalah masa paling berat dalam hidup saya.

Saya pernah di bentak di koridor sekolah SMA, saya nangis, dan itu hampir waktu pulang sekolah, jadi banyak banget orang-orang pada lewat, mereka liat saya nangis. Guru-guru juga lewat, dan gaada, gaada satupun dari mereka yg menyelamatkan saya kala itu. Harga diri saya udah terkikis habis, terserahlah. Saya ga peduli lagi pandangan orang-orang terhadap hidup saya. Saya malu.

Belajar saya terganggu dan gak maksimal karna dia juga suka nyamperin saya ke tempat les. Di tempat les ini, saya dapat konseling juga dari mentor-mentornya, terimakasih untuk Neutron Yogyakarta dan khususnya mas Amy yg bener2 ngasih support.

Tapi saya bertahan. Nilai saya makin naik sampai saya masuk 5 besar waktu kelas 12. Tapi saya ga cukup beruntung untuk dapat mengikuti snmptn. Saya harus berjuang di sbmptn dan saya memang berjuang mati-matian waktu itu.

Sialnya, saya punya mimpi.

Duh, saya jadi nangis pas nulis mimpi saya ini. Saya bermimpi jadi dokter, klise sekali bukan? Dan tentulah mimpi saya ga di dukung oleh ayah saya. Dia ga ngebolehin saya jadi dokter karna apa? Karna nantinya saya bakal mempelajari organ-organ tentang laki-laki, saya juga bakal punya pasien laki-laki, padahal dia juga ga ngebiayain tp dia intervensi terus hidup saya. Saya pokoknya harus masuk jurusan Kebidanan, karna saya cuma nanganin pasien perempuan. Tapi dia gak tau juga, kalau di kebidanan ini saya juga diajarin tentang organ-organ reproduksi pria.

Saya jadiin foto bangungan dari fakultas kedokteran impian saya sebagai profile instagram pas kelas 12. Biar kalau buka ig, dan liat foto itu saya tutup lagi dan lanjut belajar.

Saya gak lolos sbmptn. Saya juga menyalahkan ayah saya karna selama SMA waktu belajar saya kurang gara2 saya kebanyakan nangis-nangis dan depresi gara2 dia.

Ayah saya senang banget saya ga lolos, doanya ter-ijabah.

Saya membandingkan kehidupan saya dengan orang-orang yang bisa gap year. Mereka beruntung sekali, menurutku. Saya gabisa gap year karna saya harus kuliah tahun ini, mengingat sekarang saya yg tertua dan kaka saya berada 1 tingkatan di bawah saya.

Saya harus cepat-cepat lulus dan kerja, supaya ga membebani keluarga besar saya. Meski mereka ga merasa terbebani.

Hidup saya sekarang, lumayan. Ayah saya menganggu saya tp saya di lindungi oleh pihak kampus. Saya bersyukur sekali. Mengingat waktu SMA saya ga merasa di lindungi.

Ayah saya pernah datang dan marah-marah ke dosen saya, bu Lisna karna saya ketahuan ikut camping. Yang mana, haram banget bagi dia. Dia marah dengan kebijakan kampus yang mewajibkan mahasiswa ikut TMO di Batalyon Majalengka. Tapi bu Lisna dan dosen-dosen lain pasang badan buat saya, mereka ga takut dengan ancaman ayah saya yang mau ngeluarin saya dari kampus karna kata bu lisna, 'ibu tau hanan ingin sekolah sampai tinggi'. (WOY GUA NANGIS NGETIK ini)

Saya juga udah ga takut lagi di pukul sama dia, karna saya akan dengan senang hati berjalan ke kantor polisi kalau dia melakukan itu lagi. Dia udah ga berani mukul saya. Terakhir kali saya di pukul saat kelas 12. Saya masih bodoh waktu itu.

Walaupun jurusan ini bukan yang saya inginkan, tapi saya akan memperjuangkannya dan gak akan ngebiarin dia menghancurkan hidup saya lagi. Saya akan melindung kakak, dan adik saya.

Saya bakal pakai pakaian syar'i yg panjang2 kalau ta'lim, tp pake baju biasa kalau lg main sama temen. Saya seneng, saya ngerasa punya 2 kepribadian wkwk. Bukannya saya menentang, tapi saya ingin hidayah dan islam yg saya dapat ini saya cari sendiri. Saya takut menyalahgunakan agama seperti yang ayah saya lakukan. Saya ga ingin begitu.

Mimpi saya masih hidup dan gak mati. Cinta pertama saya masih UGM. Kalau saja ada uang 1 M tiba-tiba jatuh dari langit, saya sudah pasti pindah rumah ke tempat dimana ayah saya gabisa nemuin kita dan saya bakal gap year, ikutan sbmptn lagi, mengingat taun 2020 adalah jatah terakhir saya bisa ikutan sbmptn. Dan masuk, fakultas kedokteran.

Comments