loading...

Rasanya mendapat gaji 10 Juta/Bulan

Saya menjawab secara anonim karena saya tidak mau dibilang sombong atau apalah itu. Pendapatan 10 juta itu sebenarnya diluar dugaan saya ketika melamar pekerjaan.

Saya lulusan dari universitas negeri dengan bidang ilmu teknik. Kebanyakan lulusan jurusan ini akan bekerja di lapangan bukan di perkantoran yang nyaman dengan ruangan yang dingin.

*gambar hanya ilustrasi

Sebulan setelah lulus saya langsung mencari pekerjaan melalui banyak metode, mencari di situs online atau menghubungi abang-abang tingkat saya yang sudah bekerja apakah ada lowongan pekerjaan untuk fresh graduate seperti saya. Kurang lebih 2 minggu saya mencari kesana kemari akhirnya mendapat info pekerjaan di sebuah industri minyak nabati di utara pulau sumatera. Tanpa pikir panjang langsung saya kirimkan semua berkas via email, dan tidak lama dapat jawaban bahwa saya lolos administrasi dan masuk ke tahap wawancara.

Jujur saya tidak deg deg an ketika wawancara, karena saya sudah terbiasa ikut wawancara sejak masih kuliah. Ketika ditanya "Anda mau gaji berapa untuk bekerja di perusahaan ini?". Saya langsung bingung setengah mati mau menjawab apa. Saya jawab saja sesuai keiinginan hati "Pak, sejak kecil saya punya cita-cita mendapat pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji 10 juta per bulannya. Saya terus berjuang menjadikan diri saya pantas untuk mendapat gaji sebesar itu, saya memang lulusan baru pak, tapi kemampuan saya sudah saya latih sebelum saya melamar di perusahaan ini. Saya hanya ingin mencapai mimpi saya pak, entah hari ini atau tahun-tahun selanjutnya, tapi saya akan berusaha"

Mungkin seperti itu kira-kira jawaban saya saat itu. Lalu beliau mengeluarkan surat semacam MoU tentang pekerjaan saya dan besaran gaji saya, dan alangkah terkejutnya saya ketika tertulis Rp10.000.000/Bulan. Disitu saya merasa semacam mimpi atau apa, tapi itulah yang tertulis di surat itu. Beliau bilang terkesan dengan ucapan saya dan jawaban-jawaban saya sepanjang wawancara.

Perasaan mendapat gaji 10 juta perbulan ya sangat bahagia, mungkin senior-senior saya di perusahaan ini belum mendapatkan gaji sebesar itu, karena yang saya tahu untuk fresh graduate biasanya hanya sekitar 6–7 juta. Saya bersyukur kepada Tuhan atas pemberian yang indah ini.

Sebenarnya itu hanya gaji bersih, karena saya bekerja di perusahaan swasta jadi banyak sekali bonus yang diberikan seperti bonus produksi, bonus hari raya, bonus akhir tahun, bonus penjualan, bonus kerja tambahan, yang kalau ditotal mungkin saya mendapat gaji 15 juta per bulan.

Semoga cerita saya menginspirasi pembaca semua.

Comments